Dengan mudahnya tehnologi digital printing saat ini memungkinkan kita untuk mencetak kaos dengan design sendiri. Akan menyenangkan kalau kita mengenakan kaos dengan design sendiri yang tentu saja orang lain tidak ada yang punya. Berikut akan saya berikan contoh mudah mendesign kaos dengan menggunakan Photoshop.

Photoshop merupakan software pengolah foto yang sangat terkenal dan tentunya banyak orang yang familiar dengan program ini.

 

Agar lebih mudah Anda dapat menggunakan template kaos yang dapat Anda download pada link berikut:

Template Kaos

Cara Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop

buka file T-Shirt Template yang telah saya lampirkan di atas. file t-shirt_layout.psd ini memiliki 4 Layer :
 
  1. Layer Background yang berwarna Putih
  2. Layer T-shirt Original
  3. Color Fill 1
  4. Layer 5

keterangan :
Layer Background : adalah sebagai latar belakang dari kanva kerja kita, kalau kurang nyaman dengan background berwarna putih silahkan ganti dengan warna atau gambar apapun sesuka anda.
Layer T-Shirt Original : Layer ini saya lock agar tidak terjadi ketidak sengajaan perubahan pada layer ini.
Layer Color Fill 1 : Klik 2X pada Layer Thumbnail Layer Color Fill 1 untuk mengganti warna dasar t-shirt atau kaos yang akan kita design
Layer 5 : Pada Layer ini nantinya akan kita isi dengan gambar desain kaos

Mengganti Warna Kaos

untuk mengubah warna dasar kaos silahkan klik 2X pada Layer Color Fill 1. lalu pilih dan sesuaikan warna dasar dengan warna kaos yang akan kita buat.

 Memasukkan Gambar, Logo dan Tulisan. 

Design kaos yang ingin anda puas tentunya akan terdiri dari gambar entah itu foto maupun image, tulisan ataupun logo semisal ada.  Persiapkan terlebih dahulu gambar/image dengan resolusi yang baik. Hal ini untuk menghindari gambar pecah saat pencetakan. Semakin besar resolusinya maka akan semakin baik hasil cetaknya. Sebagai contoh saya akan memasukkan gambar Batman di design kaos ini.

Buka gambar yang telah di Download ke dalam kanvas kerja Photoshop. lalu tekan (Ctrl+A) untuk menyeleksi seluruh Layer Gambar Batman kemudian tekan (Ctrl+C) untuk memerintahkan Photoshop agar melakukan Copy pada Layer Tersebut. lalu tutup saja Kanvas kerja Gambar Batman dengan menekan (Ctrl+W). beralih ke PSD t-shirt_layout. klik Thumbnail pada Layer 5 ingat ya…. Layer Thumbnail nya yang di klik. kenapa… karna kita akan memasukkan Gambar Batman pada Layer Thumbnail bukan Layer Masking di Layer 5. Ok

Tekan (Ctrl+V) untuk mempastekan Perintah Copy yang telah kita lakukan. sekarang Layer Thumbnail Layer 5 Telah Terisi dengan Gambar Batman, sesuaikan Gambar Batman ini menurut selera anda, dengan menekan (Ctrl + T) lalu tarik ujung nya dengan menahan tombol (Alt+Shift) pada Keyboard

Setelah dirasa posisinya pas tekan ENTER untuk mengakhiri Free Transform, Finishing kita bisa sesuaikan kembali warna dasar kaos dengan warna gambar Batman, klik kembali Layer Color Fill, dan berikan warna yang sesuai agar selaras dengan gambar. Hasilnya akhirnya kira-kira seperti ini:

 

 

Demikian Cara Desain T-Shirt dan Kaos dengan Photoshop semoga bermanfaat.